Cuplikan Hikmah Kisah Nabi Yusuf

Lagi doyan dengerin surat nabi yusuf oleh Syaikh Shalah Bukhatir…baca2 terjemahannya surat yusuf menceritakan secara utuh kisah perjalanan beliau ‘alaihissalam dari mulai bermimpi melihat matahari, bulan dan 11 bintang bersujud kepadanya, makar saudara-saudaranya untuk membunuh beliau (dan ternyata atas usul salah satu saudaranya) dimasukkan ke sumur, ditemukan oleh musafir/pedagang, dijual dengan harga yang murah, digoda oleh istri majikan, memilih masuk penjara, bertemu dengan 2 napi, yg keduanya bermimpi dan minta ditakwilkan, salah satu dari keduanya kemudian bebas (sesuai takwil), nabi yusuf dilupakan, akhirnya pembesar mesir bermimpi, ditakwilkan oleh nabi yusuf ‘alaihissalam sesuai referensi napi yg telah bebas, diangkat sebagai pejabat di Mesir, bertemu dengan saudara2nya yg menzaliminya, dipertemukan dengan ayahnya, dan akhirnya takwil mimpi pertama (matahari, bulan & 11 bintang bersujud) pun terjadi.

Pikiran yg dangkal ini mengira bahwa kisah tersebut hanya kisah sejarah saja, ternyata banyak sekali hikmah yg di dapat dari keduanya.

Dari Ust Firanda Andirja Hafidzahullah:

1. Bergantung kepada Allah Semata.

“Sesungguhnya wanita itu telah bermaksud (melakukan perbuatan itu) dengan Yusuf, dan Yusuf pun bermaksud (melakukan pula) dengan wanita itu andaikata dia tidak melihat tanda (dari) Tuhannya . Demikianlah, agar Kami memalingkan dari padanya kemungkaran dan kekejian. Sesungguhnya Yusuf itu termasuk hamba-hamba Kami yang terpilih.” (Ayat 24).

Ayat diatas menjelaskan bahwa Nabi Yusuf pun telah memiliki maksud/niat, seandainya bukan karena pertolongan Allah maka bisa jadi Nabi Yusuf terjerumus ke ajakan si wanita. Janganlah seseorang merasa kuat menghadapi sebuah cobaan kecuali semata2 bergantung dan memohon pertolongan kepada Allah, karena hati seorang manusia itu lemah.

Nabi Yusuf memilih penjara karena ketaatannya kepada Allah, bayangkan digoda oleh seorang wanita (sangat) cantik yg sudah bersolek, di rumah yg sepi, pintu2 tertutup, dan si suami wanita tsb pun kurang rasa cemburunya…kuat gak gan???

2. Cara berdakwah nabi yusuf, klik disini utk ceramah. Dari Surat Yusuf ayat 37-41. Nabi Yusuf ‘alaihissalam memulai dakwah dengan tauhid ketika mendakwahi 2 orang napi yang meminta takwil mimpi kepada Nabi Yusuf ‘alaihissalam. Menyebut2 Nabi/Orang2 saleh yg dikenal oleh suatu kaum/menjadi panutan, dst..silahkan dengarkan ceramah diatas.

3. (Dari ceramah Ust Firanda di radio rodja, maaf rekaman blm ketemu) Cobaan/Ujian kepada seorang manusia. Ujian yg terjadi pada Nabi Yusuf, mulai dari dibuang ke sumur, dijual dengan harga yg murah, memilih masuk penjara, dilupakan..memiliki hikmah yg besar. Semua terjadi karena beliau memilih ketaatan kepada Allah Subhanahu wata’ala..dan hasilnya beliau pun diangkat menjadi pembesar Mesir.

Setelah masuk penjara dan membantu menakwilkan mimpi 2 org napi, ternyata syaithan (Ayat 42), membuat org yg telah bebas dari penjara menjadi lupa hingga Nabi Yusuf dipenjara lebih lama (dalam hitungan tahun). Jika seandainya syaithan tidak membuat lupa org tersebut, bisa jadi Nabi Yusuf dibebaskan dan pulang ke rumah org tuanya (tidak menjadi pembesar Mesir). Apalagi jika Nabi Yusuf tidak memilih penjara (memilih ajakan wanita).

Cobaan2 dan pilihan untuk ketaatan kepada Allah membawa Nabi Yusuf menjadi seorang pembesar Mesir.

Ini merupakan hikmah bagi kita manusia biasa bahwa ujian2 dan cobaan yg Allah berikan kepada kita dan kita lalui dengan ketaatan kepadaNya suatau saat nanti akan membuahkan hasil sehingga janganlah kita berputus asa dan berburuk sangka kepada Allah.

Semoga kita terutama penulis bisa mengamalkan hikmah yg terkandung pada surat Yusuf dan dimatikan dalam keadaan bertauhid. Aaamiin..

0 Responses to “Cuplikan Hikmah Kisah Nabi Yusuf”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Blog Stats

  • 15,023 hits

Kategori

Top Clicks

  • Tidak ada

Lihat Jadwal Kajian:


Jadwal Kajian Salaf

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: