Gaji di Saudi Arabia

Gw yakin ini topik menarik bagi semua org -maksudnya yg udah umurnya bekerja- gak termasuk anak TK atau lansia, hehehe. Setelah hidup hampir 3 tahun kurang 3 bln, sedikit banyak lah tau soal berapa sih gaji dan biaya hidup di saudi arabia untuk hidup layak dan bisa nabung? Ini adalah opini pribadi tidak ada sangkut pautnya dengan organisasi tertentu atau perusahaan dimana gw bekerja dan semacamnya.

Yg perlu di ketahui untuk pemburu riyal dan sejenisnya, nego gaji diawal itu adalah yg paling penting, jangan hanya karena suatu alasan “nrimo” ala kadarnya apalagi klo cuman convert dari IDR ke Riyal tanpa ada faktor pengali atau penambah. Kenapa?

Perlu di ketahui untuk berpindah-pindah kerjaan di KSA tidak segampang di negeri pertiwi, karena permasalahan peraturan pemerintah yg mengharuskan agar karyawan tersebut pindah dengan seijin kafil/majikan –iqama transfer– . Iqama transfer adalah perpindahan ekspatriat dari majikan satu ke yg lainnya, sedangkan iqama itu sendiri adalah kartu identitas untuk ekspatriat yg berisikan informasi mengenai ybs dan siapa kafilnya/majikannya/sponsornya. Jadi perpindahan sponsor/majikan harus seijin majikan sebelumnya.

Iqama transfer sendiri sangat jarang terjadi, dikarenakan visa yg dimiliki perusahaan terbatas. Saya sendiri kurang begitu mengerti, tapi sepertinya untuk setiap ekspatriat itu ada visa kerja yg melekat ke ybs, jadi jika seandainya si expat tersebut exit/pulang kampung maka si perusahaan akan mendapatkan kembali visa dari ybs tersebut dan dia bisa gunakan untuk meng-hire karyawan baru dengan visa kerja tersebut.

Jadi nego di awal penting karena kecil sekali untuk nego ulang ketika telah bekerja di perusahaan di KSA, dan jika pun ada negosiasi kemungkinan besar tidak akan mencapai angka yg diharapkan, take it or leave it, kecuali jika anda Superman mkn akan lain cerita.

Terkecuali, jika anda ngebet banget untuk bisa haji dan umrah, maka ini lain cerita lagi. Terutama jika anda niat untuk tinggal hanya 1-2 tahun saja. Tp untuk diingat, jika anda ridha dengan gaji yg diterima, coba hitung2 lah biaya untuk haji dan umrah. Biaya untuk haji bisa anda tanyakan kepada yg lain tp menurut saya sendiri mkn 3500 SAR itu adalah biaya minimum untuk paket haji tidak termasuk ongkos pp ke mekah. Kemudian tanyakan ke kafil/majikan apakah diperbolehkan untuk haji di tahun pertama? Wanti2 dicurigai oleh kafil, hahahaha.

Mencoba kabur? Owh tidak bisa, anda keluar-masuk KSA harus seijin sponsor yaitu dengan dikeluarkannya exit-reentry visa, ada yg multiple dan ada yg single. Jadi jangan pula kepikiran “klo gak cocok, kabur”, hahaha…you are trapped here. Ironisnya gw baru tau hal ini setelah sampe di KSA, tp untungnya perusahannya fine2 aja.

Angka yang sesuai

Bicara tentang angka, semua org pasti senang yg besar2 kecuali hutang :). Yg perlu anda ketahui brp sih rata2 nilai gaji untuk posisi saya di KSA? Cuman masalahnya susah…karena biasanya disini sesuai nego aja. Contohnya manajer yg ruangannya di sebelah ruangan saya gajinya terpaut sekitar -xxxx SAR- dengan saya dibawah, padahal ybs membawahi 1 departemen produksi dengan min 10 org bawahan. Sedangkan saya sendiri gak ada bawahan, hahahaa..

Jangan ditanya ya dari mana gw tahu gaji dia..gak sopan!

Jadi bro, brp sih angka yg sebaiknya gw minta? Nah, biasanya sampeyan klo udah sering2 ngelamar ke negeri2 gurun mkn sering ditelp ama head hunter dan disebutin ada lowongan di sini dengan package segini dan segini…jadi sudah ada basis untuk nego, juga dilihat brp sih biaya hidup di tempat tujuan.

Tp rules of thumb untuk KSA mkn minimal:

Total_Package = basic  (2 x gaji_indonesia)++  +  benefits (housing, asuransi, tiket, transport*,communication*, family status*)

Note:

family status -> ticket keluarga, asuransi keluarga, school allowance**, iqama, dst

* -> opsional

**-> super opsional

Owh ya, yg diatas gak berlaku ya selain di KSA, di dubai aja min untuk hidup layak at least 25000 Dirhams.

Iklan

0 Responses to “Gaji di Saudi Arabia”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




Blog Stats

  • 19.529 hits

Kategori

Top Clicks

  • Tidak ada

My Panoramio

Iklan

%d blogger menyukai ini: